KAJIAN LITERATUR: HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN DIABETES MELITUS

Jurnal Kesehatan Masyarakat (JKM) CENDEKIA UTAMA, Feb 2022

Diabetes adalah penyakit kronis atau menahun yang berupa gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal. Diabetes tidak hanya menyebabkan kematian prematur diseluruh dunia, penyakit ini juga menjadi penyebab utama kebutaan, gagal ginjal dan penyakit jantung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan antara pola makan dengan kejadian diabetes melitus. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan cara memaparkan kembali materi yang sudah pernah diterbitkan kemudian diringkas. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa data sekunder. Jumlah artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 jurnal yang masuk dalam kriteria inklusi. Dari 5 jurnal yang telah dianalisis semua menunjukan ada hubungan antara pola makan dengan kejadian diabetes melitus. Pola makan tidak teratur, makanan yang tidak sehat dan tidak baik menjadi penyebab terjadinya diabetes melitus. Asupan gizi yang tidak tidak seimbang serta tidak mempunyai keteraturan makan dengan porsi yang telah ditentukan menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh tidak terkontrol.

Article PDF cannot be displayed. You can download it here:

http://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/JKM/article/download/672/375

KAJIAN LITERATUR: HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN DIABETES MELITUS

JKM Jurnal Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus P-ISSN 2338-6347 E-ISSN 2580-992X Vol. 9, No. 2, Februari 2022 KAJIAN LITERATUR: HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN DIABETES MELITUS Rutri Vena, MG Catur Yuantari Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang Email : ; ABSTRAK Diabetes adalah penyakit kronis atau menahun yang berupa gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal. Diabetes tidak hanya menyebabkan kematian prematur diseluruh dunia, penyakit ini juga menjadi penyebab utama kebutaan, gagal ginjal dan penyakit jantung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan antara pola makan dengan kejadian diabetes melitus. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan cara memaparkan kembali materi yang sudah pernah diterbitkan kemudian diringkas. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa data sekunder. Jumlah artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 jurnal yang masuk dalam kriteria inklusi. Dari 5 jurnal yang telah dianalisis semua menunjukan ada hubungan antara pola makan dengan kejadian diabetes melitus. Pola makan tidak teratur, makanan yang tidak sehat dan tidak baik menjadi penyebab terjadinya diabetes melitus. Asupan gizi yang tidak tidak seimbang serta tidak mempunyai keteraturan makan dengan porsi yang telah ditentukan menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh tidak terkontrol. Kata Kunci : Pola Makan, Diabetes Melitus ABSTRACT Diabetes is a chronic disease in the form of metabolic disorders characterized by blood sugar levels that exceed normal limits. Diabetes not only causes premature death worldwide, it is also the leading cause of blindness, kidney failure and heart disease. The purpose of this study is to look at the correlation between dietary habits and the incidence of diabetes mellitus. The method used is the study of literature by re-exposing the material that has been published and then summarized. The data used in this study is secondary data. The number of articles used in this study is 5 journals that fall under the inclusion criteria. Of the 5 journals that have been analyzed all showed a link between diet and the incidence of diabetes mellitus. Irregular diet, unhealthy and unhealthy foods are the cause of diabetes mellitus. Unbalanced nutritional intake and lack of regularity of eating with predetermined portions causes blood sugar levels in the body to be uncontrolled. Keywords : Dietary Habits, Diabetes Mellitus 255 LATAR BELAKANG Gaya hidup modern sudah menjadi salah satu bagian dari kebutuhan sekunder masyarakat. Terlebih dalam hal memilih makanan, pola makan menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya diabetes melitus. Pola makan manusia dizaman modern sekarang lebih banyak mengutamakan praktisnya dan mengabaikan sisi kesehatan, misalnya makanan yang mengandung tinggi lemak, banyak garam dan tinggi gula. Hal ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kenaikan penyakit degenarif, salah satunya yaitu diabetes melitus. Diabetes Melitus adalah penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya konsentrasi glukosa darah dalam tubuh yang terjadi akibat pankreas tidak dapat memproduksi insulin atau insulin yang dihasilkan tidak dapat digunakan secara efektif oleh tubuh. Kadar gula darah dapat di atur lebih stabil dengan cara mengatur jadwal makan yang teratur, Abdul Kadir (2016). Mengatur pola makan, sangat berpengaruh pada kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Menambah porsi makanan dapat menimbulkan komplikasi Diabetes Melitus sedangkan mengurangi porsi makanan dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah. [1] International Diabetes Federation (IDF) mencatat bahwa prevalensi diabetes di dunia yakni sebesar 1,9%. Angka tersebut menjadikan diabetes melitus sebagai penyebab kematian ke 7 didunia. Prevalensi diabetes melitus pada penduduk dewasa diIndonesia yaitu sebesar 6,9% ditahun 2013 kemudian melonjak keangka 8,5% ditahun 2018 [2]. WHO memprediksi bahwa kenaikan jumlah penyandang diabetes melitus diIndonesia dari 8,4 juta tahun 2000 menjadi sekitar 21,3 juta pada tahun 2030. Meningkatnya prevalensi diabetes melitus selain dipengaruhi karena pola makan, juga dapat dipengaruhi akibat, kebiasaan merokok, aktivitas fisik yang kurang dan riwayat DM dalam keluarga. Pola makan dengan tingkat asupan karbohidrat dan energi yang tidak sesuai kebutuhan, cenderung mempunyai kadar gula darah yang tidak terkontrol [3] 256 Berbagai jurnal penelitian menyebutkan bahwa pola makan menjadi salah satu penyebab terjadinya diabetes melitus. Penelitian yang dilakukan oleh Juli Widiyanto & Sri Rahayu (2019), menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara pola makan dengan kejadian diabetes mellitus, dibuktikan dengan nilai P value <0,05 yaitu 0,031. [4] Penelitian lainnya juga menyatakan bahwa ada hubungan antara pola makan dengan kejadian DM, yang dibuktikan dengan nilai P=0.02 < α=0.05 (Hamdan et al, 2013). Pola makan sangat berpengaruh dalam mengontrol kadar gula darah didalam tubuh dan untuk menghindari terjadinya komplikasi yang diakibatkan oleh penyakit diabetes melitus. [5] Memperhatikan porsi makan, jenis makanan yang akan dimakan dan mengatur jadwal makan dapat mengurangi terjdinya penyakit diabetes melitus. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara pola makan dengan kejadian diabetes mellitus. METODE PENELITIAN Metode penelitian ini adalah kajian literatur dengan cara memaparkan kembali materi yang sudah pernah diterbitkan kemudian diringkas. Data yang digunakan yaitu berupa data sekunder yang didapatkan dari penelitian sebelumnya. Sumber data dari penelitian ini berasal dari jurnal atau artikel yang diterbitkan dari tahun 2010 – 2020 dengan menggunakan kata kunci pola makan dan diabetes melitus. Pencarian literatur menggunakan 2 jenis database yaitu google scholar atau google cendekia dan portal garuda. Jumlah jurnal yang ditemukan sebanyak 9.350 jurnal, kemudian diambil 5 jurnal dengan kemiripan variabel yang termasuk dalam kriteria inklusi. Kriteria inklusi dari penelitian ini yaitu jurnal – jurnal yang berhubungan dengan pola makan dan diabetes melitus dari tahun 2010 – 2020. Sedangkan Kriteria eksklusi pada penelitian ini yaitu jurnal – jurnal yang menyebutkan tipe diabetes melitus, menyebutkan kelompok tertentu seperti pada lansia dan ibu hamil, serta menyebutkan penyakit penyerta lain. 257 HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil Tabel 1. Metode Penelitian, Populasi, Sample, Teknik Sampling, Variabel, dan Uji Statistik Penulis/ Tahun Judul Penelitian Metode penelitian Lokasi Populasi Teknik Sampling Variabel bebas Juli Widiyanto Pengaruh Pola Makan Terhadap Kejadian Diabetes Melitus di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Pekanbaru Cross sectional Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Pekanbaru Seluruh penderita yang berisiko terhadap kejadian DM Accidental sampling Pola makan Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Diabetes Melitus di RSUD Tapanuli Selatan Observasi analitik RSUD Tapanul (...truncated)


This is a preview of a remote PDF: http://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/JKM/article/download/672/375
Article home page: http://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/JKM/article/view/672/375

Yuantari Maria Goretti Catur. KAJIAN LITERATUR: HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN DIABETES MELITUS, Jurnal Kesehatan Masyarakat (JKM) CENDEKIA UTAMA, 2022, pp. 255-266,